Psikologi Sosial

perilaku sosial
Psikologi (berasal dari bahasa Yunani kuno: psyche = jiwa dan Logos = kata) . dalam arti bebas psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa/mental. namun, sahabat Bilik Kesehatan harus tahu bahwa Psikologi tidak mempelajari ilmu jiwa/mental secara langsung karena sifatnya abstrak, tetapi psikologi membatasi pada manifestasi dan ekspresi dari jiwa/metal tersebut yakni berupa tingkah laku dan proses atau kegiatannya. Intinya : para psikolog bukan lah orang yang sepenuhnya bisa menilai anda tanpa melalui proses melihat/memantau tingkah laku/mental anda.  berikut adalah Pecahan/Ruang lingkup Psikologi. tentang Psikologi Sosial.



Psikologi sosial adalah Ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku individu sebagai fungsi dari rangsangan sosial, pejelasan tersebut adalah pendapat Shaw dan Ostano, 1970:3  tentang Psikologi Sosial. 

Mereka melanjutkan dengan menyatakan bahwa individu dalam definisi tersebut menunjukkan bahwa unit analisis dari psikologi sosial adalah Individu, bukan masyarakat (seperti dalam sosiologi) maupun kebudayaan (seperti dalam antropologi budaya). 

Sehingga mereka berkesimpulan bahwa Psikologi Sosial sebagai suatu kajian tentang sifat, fungsi, fenomena perilaku sosial dan pengalaman mental dari individu dalam sebuah konteks sosial.diantara fenomena psikologi/perilaku sosial ini antara lain kemarahan, perilaku membantu, sikap sosial, ketertarikan dan hubungan sosial, perilaku seksual dan sosialisasi.

nah, itu saja yang bisa saya bahas saat ini. baca juga artikel tentang Pengertian Psikologi untuk memulai mengenal Ilmu Psikologi. terima kasih sudah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel Psikologi Sosial

0 comments:

Post a Comment